Mengubah Prioritas pada Spanning Tree Protocol (STP) - Indonesia Komunitas Mengubah Prioritas pada Spanning Tree Protocol (STP) | Indonesia Komunitas

Info

Website kami pindahkan ke www.Indonesia-Komunitas.com Website yang ini hanya sebagai fanspage untuk troubleshoot permasalahan.

0

Protokol Pohon Rentangan (bahasa Inggris: Spanning Tree Protocol (disingkat STP)) adalah protokol jaringan yang menjamin topologi jaringan bebas-perulangan untuk penghubung Ethernet LAN.

Fungsi Spanning tree Protocol (STP) yaitu Untuk mencegah loops ketika switch menggunakan redundansi Standar aktif dalam cisco.

prioritas adalah mendahulakan si salah satu switch menjadi root bridge, yaitu menjadikan si Root ID Priority pada root bridge tersebut menjadi nomer 1 yang sebelumnya secara default pada root bridge si switch adalah 32769.

1. Nah sekarang saya akan mengubah prioritas pada switch 1 saja untuk menjadikan si switch 1 tersebut menjadi prioritas pertama (1). Masuk cisco dan masuk mode CLI dan kita masuk dulu pada mode “global configurasi” pada switch1 kemudian coba ubahlah hostname switch menjadi switch1 lalu ketikkan “spanning-tree vlan 1 priority 0”.


 Switch#configure terminal
Switch1(config)hostname switch1
Switch1(config)spanning-tree vlan 1 priority 0 
2. Ketika sudah di konfigurasi cobalah kalian lihat pada topologi di switch1 , kabel port cross-over yang tadinya merah (block) pada switch 1 kabel yang di nomer 2 akan berpindah tempat ke switch2, karena prioritas pada switch1 lebih rendah pada switch2.


3. Kemudian coba kalian ceklah spanning tree protocol kalian pada switch1, menggunakan perintah atau script “show spaning-tree”.

Switch# show spanning-tree 

4. Nah ini dia gambarnya :

 Belajarlah dari pengalaman yang pernah anda alami, dan jangan buang-buang waktu anda pada masa muda, karena masa muda sangat diperuntukan untuk masa tua yang sudah rentan untuk bekerja dan janganlah buang peluang emas yang anda miliki pada waktu muda, tebarkanlah sayap-sayap mu menuju dunia yang terbentang luas dan teriakanlah sekuat mungkin tanpa merasa kenal takut dan janganlah dirimu berada dalam kegelapan, terus berusaha dan berusaha selagi kalian bisa.

Komentar Website Disqus

Terima Kasih telah mengunjungi website kami, Kami akan selalu memberikan yang terbaik bagi anda semua :-)

 
Top